11.21.2013

Pentas Duka

(tulisan terpanjang yang pernah gue buat, true story, happy reading)

* * *

Jum'at malem, kocokan musik reggae yang keluar dari gitar usang milik si bangkir masi terdengar sangat merdu di telinga. cukup buat bikin orang2 di sekitar dia ber joget2 kecil khas ala musik reggae. Sayang nya malem itu cuma tinggal kita ber dua yang tersisa di depan pos satpam perumahan, tempat kita biasa nongkrong, penunggu aslinya lagi pulang kampung.

"kir, besok diskolah jadi pensi ?" Tanya gue sambil ngepulin sisa asep roko filter yang uda mendekati puntung.
"Gatau, Males gue.. kalo bintang tamunya asyanti baru deh gue dateng, HAHA" jawab bangkir ngasal, dia nge fans banget sama asyanti, tapi akhirnya patah hati waktu tau asyanti ternyata kawin sama anang. sedih.
"BHAHA tolol gamungkin, nyewa organ tunggal aja gamampu" 
"Sound System aja pake speaker masjid, WKWK"
"BWAKAK yauda dateng ae besok yok, kita ngerusuh.."
"Oke bos.."
"Eh kopi lo bayar !"
"oiyak, HAHA"

Malem yang mendung pun melengkapi betapa tidak ada yang terlalu spesial dan harus diingat malam ini, tapi hangat nya persahabatan gue sama bangkir akan sangat begitu dirindukan oleh sapa pun pasang mata yang melihat nya.

- -

Karna ada acara pensi di skolah, jam masuk pun bisa ngaret sesiang mungkin. Bersama sebatang filter yang menancap lurus di masing2 mulut gue sama bangkir, kita pun mencoba menghentikan laju angkot, gaada yang mau naikin. "Matiin roko lu bego" kata gue, bangkir nurut. Jaket kita pake biar ga terlihat seperti preman yang bisa kapan saja merusak angkot mereka, kita pun naek angkot. sampe Skolahan pukul 10.30.

"Gila ger, rame banget ! wkwk jarang-jarang skolah kita kaya gini man." kata bangkir, takjub sekaligus norak.
"yoi.. ga nyesel kan gue ajak, ayo turun ke tengah !" ajak gue..
"ayo sapa takut ! eh bendera gue mana ?" dia uda siapin bendera viking dari rumah, entah apa maksudnya.
"nih ada, entar lo gue gendong trus lo kibarin deh tu.."
"aseek gitu dong ! ga nyesel punya sahabat gembul kaya lu ger haha" kata dia sambil nyubit perut gua, menjijikan.
"so imut najis !" kata gue, bangkir emang paling bisa ngeles nya. gembul ? ga terlalu buruk.

Skolah gue ini smk negri yang namanya uda di kenal di seantero sukabumi, khususnya dibagian polsek. Gaada hari yang aman buat anak2 stm. Dari mulai berangkat sampe pulang skolah, skolah lain bisa jadi ancaman serius dimanapun dan kapanpun.

Yap inilah keadaan skolah gue. skolah negri yang spp per bulanya 175 ribu emang ga sepadan sama fasilitas dan kualitas sekolah yang menggunakan status 'NEGRI' dibelakang nya. sehingga acara pentas seni kaya gini bisa jadi angin segar buat para murid yang jenuh karna keadaan skolah nya gasesuai yang mereka harapkan, dan juga bisa jadi ajang cowo2 menyedihkan buat cuci mata atau pun buat sedikit nyenggol2 cewe yang lagi asik joget, cewe nya mana peduli. yang penting jogeet~

"Gila ger bintang tamu yang ini mirip asyanti !" teriak bangkir histeris masih joget2 diatas pundak gua, vocalis yang satu ini emang benar2 mirip asyanti.
"Anjrit ! iya ! buset mirip banget kir.. minta poto entar !" kata gue sambil berusaha nahan berat badan bangkir.
"pasti ger ! haha kalo bisa sama nomer nya"
"nomer apa ?"
"nomer bh nya, Nomer telpon laah !

Alunan musik reggae, dangdut, rock dan koplo pun silih berganti memanjakan telinga dan menggoyang kan seisi skolahan yang turun dilapangan. Panas nya matahari pun tak terasa bahkan terpantul oleh gelak tawa kita dan orang2 yang berjoget tanpa beban. Gue gapernah liat bangkir seceria ini, gue cuma bisa senyum ngeliat sahabat gue dari kecil itu joget sambil nyenggol2 cewe pake sikut, lalu minta maap. sedetik kemudian dia gitu lagi.

"Wooh ger, gede banget man yang tadi ! ahaha" kata bangkir yang uda kelewat mesum
"tolol asli, tar lu dilaporin ke komnasham bego gara2 pelecehan seksual ditengah lapang" jawab gua, masih berjoget.
"tenang aja, entar gue nyewa dokter boyke buat jadi pengacara"
"BEGO ! huakakak.."

Mereka berdua terus berjoget lepas, tanpa lelah.. Hari yang indah, muskipun tanpa cintah. Ke seruan yang se isi skolah rasakan rasanya terlalu pahit, buat di isi tangis karna hal2 yang gaperlu. Hujan yang turun belom cukup merubah suasana hati dan keceriaan yang terpancar jelas dari senyum orang2 yang berjoget, bernyanyi dan yang tanpa berhenti mengucap syukur.

- -

Keseruan yang akan terus melekat di memori semua orang ini akhir nya selesai pada pukul 5 sore. Hujan yang sebelum nya turun deras, kini hanya menyisahkan gerimis2 kecil.

"Ger balik ga ?" tanya bangkir..
"entar ah, ujanya gede.." jawab gue yang emang males ujan2an muskipun hanya gerimis.
"segini lo bilang gede ! buset deh.. ujan segini mah kecil, tapi sayang banyak banget boo.." jawab dia polos.
"Firasat gue gaenak kir" jawab gue seadanya, sepertinya emang menandakan jangan pulang dulu.
"aelah ayo ah, dingin nih ! kecuali lu mo meluk gue hehe" Setengah dari pernyataan tersebut najis, setengahnya lagi gue setuju, uda jam sgini kita belom balik dalam keadaan abis ujan2an.
"yaudaah.. ayo" kita pun pulang.

setelah tiba di pinggir jalan, kita neduh dulu di sebuah warung yang juga banyak murid lain yang nge rokok disana. aneh banget jam segini anak2 masi pada nongkrong. gue tanyain ke salah satu ade kelas katanya lagi nunggu trek. Bener aja paling mau megat trek lagi, abis itu gue kasi tau bangkir:

"kir balik ga ? anak2 lagi nunggu trek tuh.." tanya gua setengah hati.
"Asli ? yauda yuk.. uda lama gue ganaek yang begituan, haha duit juga uda keritis nih"
"serius lo kir ? firasat gue ko gaenak.."
"Tenang aje ger, kapan lagi balik bareng2 kaya gini haha"
"yaudah.." firasat gue bener2 gaenak, kalo bukan karna finansial yang menipis mungkin uda gua tolak.

Matahari uda bener2 sembunyi, hanya menyisah kan langit yang berwarna biru gelap dan semeliwir angin yang menembus pori2 terdalam kulit, jam uda menunjukan pukul 06.00 sore, trek yang ditunggu belom kunjung tiba.

10 menit berlalu.. anak2 yang lain mulai berlarian ke tengah jalan, melihat trek besar dikejauhan dengan muatan kosong adalah mangsa yang benar2 enak buat dicegat. "Ger ayo !" teriak bangkir sambil berlari, gua ngikutin dia dari belakang. pembajakan trek kaya gini emang bukan hal yang extream lagi buat anak stm. hampir setiap hari ada ajak trek yang diajak pulang bareng.

Semua nya langsung berada di posisi ke sukaanya masing2, ada yang di bagian 'sayap' kanan kiri, ada yang di bagian kabin depan, ada juga yang cuma masuk ke bak nya. Gue sama bangkir yang uda kedinginan memilih langsung masuk aja ke bak nya. Baru sekitar 5 menit kita jalan, Jalanan didepan terhambat oleh ratusan karyawan pabrik yang sedang pulang. laju trek pun tertahan, Sebagai penumpang ilegal lebih baik kita ga macem2 dan menunggu trek jalan kembali.

tiba2 gua keinget anak lodaya (stm musuh) yang biasanya mantek skolahan kita.. ini bahaya banget, kita lagi ada di wilayah mereka, jalanan macet, kita semua cape, belom lagi gada yang bawa barang2 se engganya buat nge bela diri. Gue langsung lari ke kabin. semuanya diem, semuanya pucat, gua juga nyaris gapercaya kalo didepan kita sekelomok anak lodaya uda siap sama senjata2 mereka.

'TURUN BEGOO !!' Teriak salah satu anak, semuanya panik. bukan apa2 kita gada persiapan sama sekali. Turun dan lari sengganya pilihan yang lebih bagus dari pada mati konyol di tangan mereka. anak2 lodaya uda maju dan ngejer2 kita. semuanya lari tanpa tujuan, gue lari sekenceng-kenceng nya.. "bangkir ?" tiba2 gue keinget sama tu orang. Gue ngeliat ke sekeliling muter2 nyariin dia "mana tu anaaak !" teriak gua dalem hati, gua masi lari sama sebagian anak2 yang lain.

Gue sama sebagian anak2 lari ke perumahan, Nyari2 rumah aman lalu masuk ke rumah tersebut tanpa permisi dengan muka paling panik sedunia. "bodo amat, yang penting selamet" bisik gue dalem hati. gue sempet liat anak2 yang lain lari ke dalem gang yang di ujung nya ada sungai gede. "anak2 lodaya pasti ngejer mereka, bego banget lu kir kenapa gaikut gua !" seketika itu juga prasaan gue gaenak, "ck! smoga lu gapapa kir"

- -

Minggu pagi.. setelah hari yang mencekam kemarin, gue berhasil pulang ke rumah dengan selamat. tapi engga buat bangkir, gue belom dapet kabar apa2 soal dia. gue telpon ke rumah nya nyokap nya bilang dia belom pulang, gimana bisa ? mungkin dia nginep dulu di rumah temenya. gue pengen nyari bangkir, tapi gue gatau2 apa percuma, gue cuma diem dirumah, buka facebook. Aneh, semua temen2 gua update berita 'turut berduka cita' maksudnya apa ? gue cari2 informasi lagi dan ketemu lah sebuah pesan dinding bertulisakan:

Turut berduka cita, 8 orang siswa skolah kita yang menghindari tawuran kemarin, dinyatakan 1  orang meninggal dunia setelah terbawa arus sungai, 3 orang belum di temukan, dan sisanya selamat dan sedang di rawat di RS sekarwangi.
Gamungkin. Gue langsung sms temen, katanya bangkir gaada di rumah sakit dan kemungkinan belom di temuin. ini parah.. gue cuma diem termangu dan terus ber do'a semoga dia masi diselamatkan.

- -

Senin, 11 november.. Semua siswa berkumpul di lapangan untuk melaksanakan upacara. Ada yang beda har itu, gaada keributan.. gaada hiruk pikuk siswa yang datang terlambat.. gaada canda dan tawa anak2 bandel, semuanya menunduk, semuanya menampakan ekspersi yang sama, ekspresi tidak percaya. setiap orang berbaris dalam kelasnya masing2, hanya mendengar kan intuksi2 dari petugas upacara, tanpa bicara.

Tangisan dari siswa2 perempuan mulai memecah keheningan pagi itu. semua orang nyaris gapercaya saat kepala sekolah mengumumkan '3 orang yang kemarin hilang terbawa arus, sekarang sudah di temukan' hening.. kepala sekolah mencoba mengumpulka sisa2 suaranya '4 orang dari siswa kita telah meninggal dunia karna peristiwa kemarin, smoga amal perbuatanya di terima di sisi sang pencipata, dan di tabahkan seluruh keluarganya.. ber do'a, mulai'. Hiks.. suara tangis dari semua orang kini terdengar jelas, semuanya menangis.. tanpa ada rasa gengsi. semuanya menumpahkan rasa sedih, sayang, dan simpati nya dalam tangis pagi itu.

almarhum Bangkir adalah korban terakir yang di temukan, gue ga sempet bilang apa2 sama dia. baru kemarin kita ketawa2.. baru kemrin kita senang2.. baru kemarin kita nyanyi dan joget bareng. semuanya bener2 ga terasa. bahkan gue masi ngerasa dia ada di samping gua sekarang. Gue orang yang paling terpukul saat tau sahabat gue dari kecil ternyata pergi duluan ninggalin gue. Gue sempetin pergi ke makamnya buat ngomongin apa aja yang belum sempet gue sampein, semoga lu denger kir.. smoga lu tau gue bener2 merasa kehilangan.. smoga juga lu ngeliat air mata persahabatan ini.

* * *

cerita tadi gue denger langsung dari temen sekelas gue yang bener2 ikut waktu kejadian tersebut. kasus ini akhir nya nyebar ke mana2, sekolah gue jadi head line di beberapa media cetak.. sekolah gue juga jadi banyak di datengin wartawan waktu itu, sampe akhir nya kasus ini di tanganin sama pihak yang berwajib karna di takutkan akan ada ajang bales dendam dari skolah gue.

Tapi bener aja, akhir nya sekolah gue bareng sama masyarakat dan alumni. nyerang dan ngancurin skolah lodaya. ini sebenernya perbuatan yang salah yang bener2 ga baik buat di tiru.


Share:

22 comments:

  1. Gue turut berduka cita bro...
    Semoga temen lo bisa diterima disisiNya..

    Gak nyangka gara2 dihadang di jalan dan tawuran temen elo harus pergi selamanya..
    Ngehancurin sekolah musuh buat balas dendam, ya... Kalo seandainya gue jadi elo gue gak peduli, gue pasti bakalan ikutan..

    Gue kasian sama keluarganya yang ditinggalin.

    ReplyDelete
  2. Bro gue turut berduka cita :(

    Sedih gue baca cerita ini... Semoga amal ibadah bangkir diterima disisiNya.

    Yang sabar ya bro.

    ReplyDelete
  3. ini pake sudut pandang orang kedua atau orang ketiga .. hmm saya agak lupa jadi ini ceritanya teman kamu.. yang kamu jadikan postingan,,, waaahh sekolah kamu tragis banget... sampai ada korban segala.., hu'um kasihan sama keluarga yang di tinggalin.. kamu jangan ikut2an yahh meski dalam lingkungan sekolah yang sering tawuran kayak gt

    ReplyDelete
  4. semoga keluarga yang di tinggalkan diberi ketabahan, dan semoga sohib lo diterima di sisinya.

    yang gue nggak ngerti sama anak stm itu selalu nyari2 masalah walopun akhirnya mnimbulkan korban. lo jangan gitu bro. sayang sama diri lo sendiri terlebih orang tua lo. itu ajah sih.

    ReplyDelete
  5. Turut berduka cita ya buat teman kamu.
    Kamu tetap bisa berteman dengan dia kok. Dengan cara teratur kirim hadiah berupa doa. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT.

    ReplyDelete
  6. gue ngajar di STM, dan murid2 emg sering tawuran kyak gitu..
    kalo soal dendam kayaknya itu udah tradisi...murid2 kelas X udah diajak ikut tawuran buat semacam-balas dendam gitu...emang susah banget diilangin tradisinya...

    jadi sedih dan merinding banget nih pas ngebaca cerita kamu dho...
    turut berduka cita...

    ReplyDelete
  7. merinding aku baca ceritanya ini dho.mungkin kalau seandainya aku jadi kamu pasti terpukul banget. mudahan aja temenmu dapat tempat yang terbaik di sisinya.

    ReplyDelete
  8. turut berduka cita sob.
    semoga dapat tempat terbaik di sisiNya.

    semoga bisa jadi pelajaran untuk yang lainnya, kalau tawuran itu gak ada gunanya

    ReplyDelete
  9. Gue sampe merinding ngebaca tiap detailnya nih...duh 4 maaaan bkan jumlah yg sdkit untk takaran nyawa. Kasian bget tmnmu, smga dia tenang disisinya ya, mna msh muda bget. Lu jga nsh 16 taun yak knpa uda ngerokok. Kasian paru parunya looo

    Nyesek bget bcanya.

    ReplyDelete
  10. MEMALUKAN BANGET ! MIRIS, TRAGIS, DAN GAK ETIS MENINGGALNYA GARA-GARA TAWURAN.
    MATI DENGAN HIDUP YANG SIA-SIA.
    HARUSNYA GAK ADA BALES DENDAMAN GITU. ANAK SMK SUKA PADA GAK NGOTAK KALO BERANTEM. HERAN.

    SEMOGA AMAL IBADAH TEMEN2 LO DITERIMA DI SISI-NYA AAMIIN.
    SEMOGA KEJADIAN INI GAK KE ULANG LAGI...
    DAN JADILAH PELAJAR YANG BEROTAK,BERETIKA, GAK PREMANISME,.

    ReplyDelete
  11. mirissss...

    tapi sebagian orang memang menjunjung tinggi martabat nama komunitas, sekolah, kampus, fakultas, ataupun desa.

    istilahnya , kalau berani nynenggol gue bacok loh. ...

    ReplyDelete
  12. sedih T T
    turut berduka cita ya..
    semoga amal ibadahnya diterima di sisi Tuhan
    jangan tawuran lagi ya..

    ReplyDelete
  13. turut berduka cita sob.
    Semoga temen lo bisa diterima disisiNya..

    tawuran udah membudaya banget yaaa

    ReplyDelete
  14. Gue juga turut berduka cita bro, semoga temennya mendapatkan tempat terbaik disisi-Nya, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan yang lebih. Seharusnya memang sudah harus jadi pelajaran bagi anak muda saat ini kalo TAWURAN itu gak akan bisa buat kalian KEREN !!

    ReplyDelete
  15. Gue turut berduka cinta juga dho. Kejadian kayak gini, pasti udah banyak yang dialami sama anak STM ataupun SMA. Tapi, sahabat lo ini niat-nya lagi pengen pulang, bukan buat tawuran, Eh, malah dia yang kena sasaran.

    Hmmm, soal bales dendam, walau itu kelakuan yang salah. Gue pasti gak akan peduli. Mungkin, gue pasti ngelakuin juga sama kayak yang lain.

    Btw, semoga amal ibadahnya si Bangkir. Diterima sisinya, Dho. Amin.

    ReplyDelete
  16. Gue Turut berduka cita do.. :(

    Iya keknya gue pernah lihat beritanya di TV, entahlah siapa yg harus disalahkan dr kejadian itu. Mungkin masing2 pihak harus mulai koreksi diri jika udah sampe terjadi kek gini.

    Semoga amal ibadahnya diterima. Amin..

    ReplyDelete
  17. Turut berduka cita ya. Semoga mereka mendapat tempat di sisiNya dengan tenang. Anak STM itu bisa keren kok. Yang hobi tawuran salurkan ke taekwondo atau beladiri, tinju, dsb. Yang hobi ngetrek bisa disalurkan ke lomba motocross dan sejenisnya.

    Yaudah, mulai dari diri sendiri saja yuk. Bareng, memperbaiki moral dan kepribadian generasi muda bangsa ini dimulai dengan tidak mengulang kesalahan yang sama (tawuran itu). :)

    Tetap semangat melanjutkan hidup dengan kegiatan positif ya^^

    ReplyDelete
  18. ikut berbela sungkawa atas semua korban, kita butuh kesadaran masing-masing buat nyelesain masalah tawuran antar pelajar. memang yang namanya dendam gak bisa di tawar, tapi mau sampai kapan terus-terusan saling balas.

    ReplyDelete
  19. innalillahi wa inna ilaihi rajiun...turut berbelasungkawa. brikan tempat yg terbaik bginya.

    ReplyDelete
  20. gw kira ini cerita kocak bang :(, eh rupanya cerita horror. turut berduka cita sama sohib lu bang. kunjungi balik yak

    ReplyDelete