12.20.2016

Kampus A, B, dan C.



“doy, entar kapan kapan kalo mamah ke Surabaya, mamah samperin kamu ke kampus, biar ketauan ngapain aja kamu kalo di kampus”
“lah, emang mama tau kampus ku ?”
“Tau, itu kan yang di belakang rumah sakit dr. soetomo ? daerah karangmenjangan”
“he ?? bukaaaaaaan sotau !”
“lah terus, kamu keterima di univeritas airlangga kan ?”
“………..”

Itu baru mamah gua yang bilang, belum temen temen gua yang gagal paham sebener nya di universitas mana gua melanjutkan pendidikan. Universitas airlangga atau yang lebih familiar di bilang UNAIR, adalah tempat gua melanjutkan jenjang pendidikan gua setelah lulus SMK kemarin. Muskipun di daerah asli gua, kampus ini bener2 asing di telinga, wajar aja karna daerah gua lebih deket ke bandung dan bogor nama nama kayak unpad, ipb, itb, ui dll jadi lebih familiar. Tapi kalo gua liat2, kampus ini sebener nya keren abis, malah menurut gua ni kampus adalah universitas negri ter cadas di Surabaya. (muskipun gua sendiri baru tau kemarin)

Setelah melalui banyak rintangan dan halangan, singkat cerita gua bisa masuk unair, satu satu nya dari SMK gua. Iya karna temen temen gua pada lebih milih kerja. Karna latar belkang gua adalah siswa jurusan multimedia waktu di smk kemarin gua pun mencoba peruntungan dngan mengambil jurusan system informasi di unair. Gua ikut bimbel dengan pelajaran pelajaran anak ipa karna ternyata jurusan system informasi itu masuk di kategori ipa (gua gak pernah tau tentang ini ). Gua coba, belajar belajar belajar sampe sebulan lebih hamper mendekati waktu tes, gak ada satu pun pelajaran yang nyatol di kepala gua. (gimana mo nyantol di smk isi nya tauran doang)

Tapi tuhan berkata lain, tuhan masi mengijinkan gua buat kuliah di unair tapi, tapi..  gua gak di terima di system inforamsi. Gua keterima di sebuah jurusan yang bernama otomasi system instrumentasi (nama jurusan nya emang itu, dan gua berani taruhan kalo dari seluruh kampus di dunia, jurusan itu Cuma ada di unair, gk percaya ? google skrg). Gua agak kecewa, tapi karna tujuan awal gua adalah buat kuliah gua gak keberatan di jurusan apa aja, toh nama almamater gua tetep unair entar pas lulus.

Skip time yang agak panjang, sekarang gua udah memasuki semester ke 5. Di sela sela tugas yang menumpuk, laporan pkl, pengajuan judul tugas akhir, gua jadi sering ngelamun dan merhatiin sekeliling gua. Jurusan gua bertempat di kampus c unair yang baru berdiri di taun 2000an gua lupa. Sedangkan fakultas gua adalah fakultas vokasi (d3) yang bertempat di kampus b (yang mamah gua bilang di atas) jadi kadang kita bolak balik kampus b – c buat ngurus administrasi kemhasiswaan kita. Nah di situ pun gua sadari banyak banget perbedaan di kampus segede unair ini, padahal masi sama unair nya.

Kampus A.




Gua jarang ke sini, hampir gak pernah malah.. tapi pernah beberapa kali gua kesana dan sekilas seperti layak nya kampus kedokteran di seluruh Indonesia, cewek nya cakep cakep banget bos. Sering keluar keluar pake jas lab gitu putih putih duh manis banget asli. Yang cowok nya juga, selain keren2 gak ada tuh yang tampang nya kek gua atau yang tampang nya kek gak niat kuliah, ya kali yak uda keterima di kedokteran masi males kuliah, bias di coret dari daftar keluarga. Overall anak anak di kampus keliatan banget pinter2 nya karna sebagian dari mereka juga banyak yang keterima lewat jalur beasiswa, pokok nya beda kasta banget sama gua yang di kampus c.

Tapi meskipun kebnyakan anak anak kampus a berasal dari keluarga yang punya, gua jarang liat si mereka pecicilan keluar keluar nongkrong gitu, emang di tuntut buat serius kuliah kali yak dan banyak juga larang larangan dari fakultas yang bikin mereka gak bisa ini itu (katanya  sih). Dari segi bangunan, fakultas kedokteran sendiri punya bangunan paling ‘kelas’ menurut gua dari seluruh bangunan di unair, selain gedung utamanya yang punya kesan klasik ala ala belanda gitu (emang peninggalan belanda sih) kelas, nuansa, taman taman nya juga bikin nambha kesan old time gitu tapi tetep modern. Tapi yang paling terkenal dari kampus a si tidak lain adalah cerita horror nya, cerita horror di kampus a udah me legend banget malah kata gua udah lebih terkenal dari nama unair itu sendiri, serem banget bos di kampus ini gak boong (kata temen gua yang indigo juga gitu).

Kampus B.




Kampus B ini kampus yang masyarakat Surabaya lebih dulu tau, iya karna emang awal nya unair itu di kampus b sama a yang letak nyadeketan. Kampus b ini tempat nya fakultas fakultas dari jurusan ips kayak, fakultas ilmu budaya (fib), ilmu social dan politik (fisip), hukum (fh) ekonomi dan bisnis (feb), sama psikologi. Sama ada satu jurusan ipa yang nyangkut di kampus b yaitu fakultas farmasi, Cuma rencana nya sih mau di pindahin ke kampus c soalnya gedung fakultas nya uda mulai di bangun di sebrang fst di kampus c. karna lahanya yang emang gak segede kampus a sama c, terus jumlah mahasiswa nya juga yang makin kesini makin tumpah tumpah, makanya rata gedung disini tinggi2 parkiranya juga ampek bertingkat2, fakultas gua juga ada di kampus b sebenernya, fakultas vokasi namanya.. Cuma karna emang baru berdiri kemaren terus bangunanya juga Cuma satu gedung kecil pula, jadilah gua di ungsikan ke tempat awal jurusan gua bereawal, yaitu di kampus c.

Kehidupan di kampus b adalah kehidupan mahasiswa mahasiswa yang sering di gambarin di tv tv, atau di meme, atau di cerita cerita di internet dah. Karna di sini isinya kebanyakan anak anak dari ips, jadilah kehidupan di kampus b secara kasat mata keliatan lebih santai, nongkrong nongkrong, rapat rapat biasa, maen mane ringan kalo gak ada dosen, pokok nya nyantailah kayak di pantai. Di kampus b juga beberapa fakultas nya nerapin kuliah malem, jadi sampek malem kampus ini tetep rame. Bahkan kadang gua juga kuliah malem di kampus b, nama dosenya cak Di, nama mata kuliah nya ‘cangkruk berkualitas’. Di sekitar kampus b ini banyak angkringan sma caffe caffe yang buka sampe subuh, gua sama temen temen juga rajin kesitu kalo besok nya gka ada kelas.

Karna jurusa jurusan nya yang hits hits dan butuh biaya yang gak sedikit buat masuk nya, mahasiswa disinipun bias di liat dari cara gaul nya yang beda dan lebih ber kelas disbanding kampus kampus lainya. Disini jarang banget lu ngeliat cewe cewe nya make tas ransel atau jinjing-jinjing laptop kemana mana, mereka rata rata keluar dari mobil, wajah full make up, rambut habis nyalon dibiarkan tergurai, setelan modis kekinian, dan bawa tas yang di jinjing di lengan. Setelah itu menyempatkan mengaca dulu sebelum meningglakan mobilnya, berjalan menjauh, lalu ngaktifin tombol alarm otomatis sambil gak nengok kebelakang “beep beep!”.

Kampus C.




Kampus C. tempat di mana gua gak seharus nya ber ada hehe. Kampus C yang terletak di jalan mulyorejo Surabaya ini terbilang muda karna berdiri setelah kampus A sam B didirikan. Muskipun gitu, di kampus C langsung dibangun sebuah landmark yang akhir nya menjadi ciri khas unair yaitu danau buatan berbentuk belah ketupat yang dibelah oleh jembatan yang lurus sejajar dengan gedung rektorat universitas airlangga dan bersebelahan dengan RS Universitas Airlangga yang berdiri megah. Ada beberapa fakultas yang meliputi jurusan jurusan ipa di sini antara lain, Fakultas Sains dan Teknologi (fst), keperawatan (FKP), kesehatan masyarakat (FKM), kedokteran hewan (FKH), perikanan dan kelautan (FPK), sama fakultas farmasi yang under construction. Di sini juga ada asrama mahasiswa putra putri, student centre rumah nya ukm ukm di unair, sama yang paling badass sih Airlangga convention centre yang kelas ya udah bias buat nampung event2 taraf international. Terakhir gua masuk situ waktu gua ospek… smoga segera gua bakal masuk lagi kesitu pas waktu wisuda an.

Kalo di bandingin sih, emang kampus c ini punya lahan yang paling luas di banding kampus A sama B. di tambah jarak antar fakultas nya yang kelewat jauh jadi bakal jarang banget lu liat ada mahasiswa mondar mandir disini. Itu juga yang bikin mahasiswa disini kesanya lebih inividualis, berangkat, kuliah, terus pulang, semuanya di lakukan di dalem fakultas. Paling paling lu liat mahasiswa pada mondar mandir di sini waktu sholat jum’at itu juga karna ada masjid baru yang kemaren baru selese di bangun, beda banget karna beberapa kali gua main ke kampus b, gua di ajak temen gua yang anak fisip masuk ke feb, makan di kantin fib, terus numpang pipis di fh. Dan gua lebih seneng kek gitu sih, makanya gua bilang kampus c ini tempat dimana gua gak seharus nnya berada.

Gua yang notabane anak stm juga baru tau sebeda itu ternyata anak jurusan ipa sama ips. Disini, di fakultas gua tepat nya, gua sering merhatiin anak anak yang dari awal sampe sekarang gua mau lulus, kemana mana Cuma bareng orang yang itu itu aja. Bahkan beberapa diantara mereka merupakan temen temen kelas gua sendiri. Emang relaif dan gak semua sih, tapi gua bias menyimpulkan gitu ya karna mayoritas nya gitu. Beberapa anak gua liat jarang banget dateng ke kampus, kadang baru dating terus nge denger dosenya gak ada, dia me maki–maki bentar terus balik lagi. Sempet gua tanyain kemana aja kok jarang ke kampus ? beberapa emang puya urusan yang jelas, beberapa lagi bilang pengen ngabisin nonton anime di kos nya ?? what the ??. bahkan di fakultas gua ini lebih mirip madrasah aliyah ketimbang kampus, gua gak terlalu masalah sih karna cewek cewek gitu yang malah bawa hawa postif, tapi mata ini brooo, mata iniii butuh asupan vitamin a yang cukup, sedangkan di sini di fakultas gua lebih mirip pasir yang ke tiup angin. iya men bikin perih mata :’

Makanya kadang gua lebih seneng nongkrong di student centre, soalnya di sana bnyak anak anak kampus a sama b yang lebih asik di ajak ngobrol dan diliat, muskipun itu juga waktu masa masa awal gua kuliah, sekarang gua lebih sering diskusi internal bareng temen temen sambil kadang ngopi di kampus b sampe subuh buat nge bahas tugas akhir. Kadang juga gua ngabisin waktu buat main dota kalo lagi buntu sama dunia nyata haha. Intinya tiap orang punya masa, dan masa gua disini udah mau abis dan udah telat rasanya kalo masih ngurusin hal hal di atas, biarkan lah begitu ada nya atau pun berubah itu terserah.. karna semua itu cepat dan semoga gak terlembat hanya akan menjadi kenangan.

Ndang mari, ndang lulus, ndang rabi..

Gitu kalo kata temen gua.
Share:

0 comments:

Post a Comment