5.16.2016

gua cuma iri sama satu: orang yang bisa tidur dimana aja.



gua juga bingung apa yang salah sama gua akahir akhir ini.

tepat nya pas gua masuk semester 4 kuliah. gua balik ke surabaya dan menjalani rutinitas buat kuliah kayak semester semester sebelum nya. gak banyak hal berubah, cuma satu hal yang gua sadari sering terjadi akhir akhir ini adalah, gua susah banget buat tidur.

gua bukan lah tipe tipe cowo rumahan yang harus tidur di kasur empuk, minum susu sebelum tidur nya. atau gak bisa tidur kalo lagi jauh dari rumah. nope. bahkan semenjak smp gua udah gak tidur di kasur gua sendiri. gua pesantren tiga tahun dan semenjak itu gua uda sering pergi jauh sampe berminggu minggu bahkan ber bulan bulan, dan gak pernah pun gua mengalami masalah sama yang namanya tidur.

kalo ngantuk ya tidur, udah. dan biasa nya gua gak menemukan masalah dengan itu. gua sering camping atau naik gunung dan menemukan temen temen gua gak bisa tidur karna gak enak. persetan ah, gua ngantuk dan gua pun tidur.

gua bener bener merasa gak ada yang salah sama tidur gua, I'm totally normal.

cuma kadang kalanya ada beberapa moment saat gua uda bener bener ngantuk dan butuh tidur, di saat itu juga gua gak bisa tidur. apa pun yang udah gua lakukan hasil nya bakal nihil.

di antaranya pas gua lagi naik kreta ekonomi. dengan kreta ekonomi yang menempuh jarak jakarta surabaya seenggak nya lu bakal menghabiskan 14 jam lebih perjalanan di dalam kereta. kalo lu rame rame atau bareng temen si gak bakal kerasa. makanya gua jarang duduk dan lebih milih nongkrong di sambungan kereta sambil ngobrol sama bapak bapak atau kalo ada ya temen seumuran.

cuma kadang lu capek dan milih duduk dan bingung mau ngapain. lu pun ngantuk. di saat ini lah gua bener bener gak bisa tidur. uda gua meremin ampe merem banget juga (meremin ampe merem banget ?? hadeeh) gak ada hasilanya. kalo menurut gua sendiri sih, itu ada hubunganya sama kursi penumpang nya yang simetris atau lurus banget bos ! 

belum lagi atmosphere kereta ekonomi yang super duper absurd, ada yang bawa anak yang kerjaanya dari berangkat sampe akhir cuma teriak teriak, ada juga yang ngangis gak berenti berenti. ada juga yang bawa ayam. sumpah bawa ayam. entahlah. tapi itu semua lain cerita nya kalo yang duduk di sebelah gua adalah cewe cakep yang asik di ajak ngobrol. jujur aja itu adalah do'a pertama gua setelah beli tiket, dan makin gua terusin do'a nya pas uda mo masuk kereta.

yang lainya ada lah kalo lagi sholat jum'at. sengantuk apa pun gua gua gak pernah bisa tidur. yang ini gua akui ada hubunganya sama masa pesantren gua yang kalo tidur waktu khotbah jum'at, kita bakal di selepet (apa ya bahasa enaknya) pokok nya semacam di gibas gitu make sejadah terus namanya di catet. habis sholat jum'at, ynag tadi tidur di suruh jalan jongkok keliling pesantren. gua pun terpakasa selalu ngolesin minyak kayu putih di bawah mata sebelum jum'atan.

yang terakhir, gua selalu gak bisa tidur kalo lagi banyak masalah. 

itu juga mungkin alasan yang bikin gua akhir akhir ini susah banget buat tidur.

gua inget banget sebelum ini, tepat nya waktu gua SMA. gua juga punya masalah tidur persis kayak yang gua alami sekarang. kadang gua udah geletak di kasur dari jam 9, lampu udah gua matiin, musik musik penenang jiwa udah gua nyalain, gua juga udah siapin domba buat gua itung sebagai senjata terakhir. 

tapi tetep aja gua baru bisa tidur setelah azan subuh.

masalah gua waktu SMA dulu adalah se orang cewe yang merupakan cewe yang berpengaruh banget dan cuma satu satunya cewe yang gua bahas di blog gua ini. masalah yang gua alami mungkin buat beberapa orang sepele, tapi engga buat gua yang baru ngerasain pertama kali nya. buat pertama kali nya gua merasa bego banget di muka bumi ini. istilah alay nya sih gua merasa berada pada titik terendah dalam hidup lah.

gua pun akhir nya pergi buat kuliah di surabaya untuk memulai semuanya dari awal. dan tentunya gua kembali bisa tidur normal.

saat pertama kali tau bakal kuliah di surabaya, gua dua punya niatan bakal kuliah sambil nyambi kerja biar gak terlalu ngebebanin orang tua. pokok nya setelah di surabaya gua harus dapetin kerjaan.

well tuhan punya rencana lain. ternyata gua di titipin di rumah om gua yang di surabaya. di sana gua dapet makan tidur dan di pinjemin motor. semua orang mikir itu adalah kemudahan yang cuma orang goblok yang menolak nya. dan orang goblok itu adalah gua.

gua memberanikan diri baut ngomong kalo gua mau bebas dan nge kos sendiri sama bude sama omo gua di sana. ngomong doang si gampang, cuma ngumpulin keberanian dan sadar atas resiko yang bisa terjadi setelah gua memutus kan keluar itu yang nge buat gua baru keluar setelah semester 2 beres, atau tepat nya setahun gua tinggal di sana. banyak banget masalah yang terjadi bahkan gua sempat pernah didiemin sama orang rumah beberap waktu setelah gua memtuskan buat nge kos. tapi alhamdulillah banget sekarang semuanya udah enakan.

nge kos bebas banget dan itu membuat gua gila. saking bebas nya gua pun kena dampak nya yaitu pengeluaran yang gak terkontrol. saat saat kritis pun gua lalui dan itu bener bener berat. berat banget. gua pun teringat kembali tujuan gua buat ngeringanin beban oran tua gua buat nyari kerja. kerja apapun.

sempet bebrapa kali ngirim artikel online sambil terus nyari kerjaan yang bener. gua dapet info ada lowongan buat mahasiswa kerja di jawa pos, tepat nya di detEksi.

gua ngelamar jadi reporter waktu itu, sebener nya di buka lowongan lain juga kaya design grafis sama photograper. gua ngirim cv, ngelengkapin syarat, ikut wawancara, ikut tes, sampe kena di orientasi juga. dan gua pun masuk jadi bagian dari kru detEksi. gua mereasa ini adalah langkah terkeren yang pernah gua lakukan dalam hidup gua karna beberapa bulan sebelum nya gua pernah ke kantor jawa pos sama temen gua buat ngirim proposal media partner lalu gua bilang sama temen gua "gua bakal kerja disini"

and well detEksi adalah wadah yang bener bener super keren buat gua. punya kantor di graha pena Surabaya bikin gua keliatan kaya orang penting tiap dateng kesana. kru yang rata rata juga masih mahasiwa dan punya kegilaan yang bener bener di luar nalar bikin gua betah banget kerja disitu, belum lagi gaji yang lumayan buat kantong mahasiswa boke kaya gua bisa nongkrong di tempat tempat berkelas, gua pun berpikir gua bakal kerja terus disitu sampe gua lulus kuliah. 

mom.. dad... don't worry about me, I'm doing something right.

3 bulang kemudian.

"do kamu dimana ? kalo kenapa kenapa bilang !" hp gua matiin dan gua terus menikmati hamaparan pasir dan angin laut di depan gua, tapi dalam suasana hati yang bener bener gaenak. karna lu tau lu bakal menyesal tapi lu tetap melakukan hal yang gak lebih penting dari yang lu tinggalkan itu.

gua keluar dari detEksi hanya setelah 3 bulan kerja. bener bener waktu singkat dengan dampak yang bener bener luar biasa membuat gua berantakan dan gak punya tujuan unutk melakukan apa apa. banyak hal yang terjadi dan gua memutuskan keluar dengan alasan yang sangat manusiawi, gua capek. gua menyerah.

goblok emang.

sumpah.

bahkan sambil nulis ini gua pun masih kepikiran

mungkin cerita singkat gua di detEksi bakal gua tulis lagi.

setelah keluar dari detEksi dengan tatapan penuh ke nanaran. gua melanjutkan kuliah dengan enggak enggak an. di tambah fakta bahwa gua gak ngeliat pengumuman recqruitmen anggota BEM fakultas dan univ yang tiba tiba udah di tutup saat gua lagi galau galau nya keluar dari detEksi bikin masa masa kuliah gua yang singkat ini makin redup. padahal gua punya harapan besar bisa jadi anggota BEM.

sekarang, ini lah gua.. cuma bisa menulis sesuatu di blog. tulisan gak guna. gak bikin gua kenyang. cuma lumayan bikin senang.

beberapa rencana yang gua lakuin pun satu per satu pupus di tengah jalan. 

setiap malam gua selalu berpikir apa yang harus gua lakukan besok.

biar gua bisa tetep hidup. 

dan melakukan sesuatu yang dapat mengubaha nasip gua.

menajdi lebih baik.

gua terus mikirin apa hal itu.

night by night.. tiap malem.

sampe akir nya udah azan subuh lagi.

capek kadang.

kadang gua cuma pengen tidur.

tapi gak bisa.

ada sesuatu yang belom beres.

gua harus menemukan solusi atas ini.

bukan solusi agar gua bisa tidur.

tapi solusi aga masalah gua selesai dan gak ada yang perlu di khawatirkan atas hari esok.

sampe hari itu tiba mungkin tidur gua belum akan tenang.

makanya gua kadang suka iri sama orang yang bisa tidur dimana aja.

gua ngantuk woy
Share:

2 comments:

  1. Wah bukan lg ngantuk ini kayaknya. Tapi emang lg capek aja. Byk tekanan. Gua jg lagi gitu. Freelance di bidang nulis2, skripsi jg kudu nulis, bikin gua bete dgn menulis. Padahal dulu gua bisa ngelakuin kegiatan ini dgn senang. Solusinya adalah, bertahan bro. Jgn nyerah. Semoga lo bisa tdr nyenyak lg

    ReplyDelete
  2. Selamat Siang Mas Ridho,

    Saya Soraya dari http://serumah.com.
    Saat ini trend berbagi ruangan/roomsharing sangat gencar. Kami berinisiatif untuk membuat situs pencari teman sekamar/roommate agar orang-orang yang ingin menyewa rumah dapat berbagi tempat tinggal dan mengurangi biaya pengeluaran untuk tempat tinggal. Berawal dari ide tersebut, website serumah.com diluncurkan pada awal tahun 2016.

    Saat ini saya membutuhkan bantuan anda untuk menuliskan artikel review mengenai serumah.com di situs blog anda. Kami sangat menghargai jika Anda bersedia untuk memberikan review terhadap website kami dan menerbitkannya di blog anda.

    Mohon hubungi saya jika ada pertanyaan lebih lanjut. Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatannya.

    Soraya F.
    Cataga Ltd.
    soraya.serumah@gmail.com
    http://serumah.com/

    ReplyDelete